Senin, 30 Maret 2015

Efek Detterent Sukhoi Su-35 Bagi Kawasan





EFEK SU-35 UNTUK KAWASAN

Beberapa waktu lalu Kemenhan(kementerian pertahanan) dan pihak TNI bersepakat untuk mengganti pesawat usang f-5 tiger dengan jet tempur Su-35 buatan russia.Pemilihan sukhoi bukan tanpa alasan,karena melihat perkembangan situasi kawasan dan konflik yang sudah didepan mata.
       Kita semua mungkin sudah tau bahwa tetangga kita Australia dan Singapura sudah berencana akan mengakuisisi f-35 lighting II pesawat generasi kelima (stealht) buatan Amerika.
  Kita juga tidak mau ketinggalan teknologi jet tempur dari tetangga-tetangga kita.Melalui seleksi dan proses yang amat panjang dan lama akhirnya pemerintah kita sepakat mengakuisisi sukhoi Su-35,setidaknya bisa mengimbangi teknologi ataupun kemampuan jet tempur f-35 tetangga.

Selain untuk mengimbangi kekuatan kawasan,pemilihan Su35 karena demi pemudahan pemeliharaan dan logistik nantinya karena kita sudah punya jet tempur seri sukhoi sebelumnya yaitu sukhoi Su-27/30 yang berjumlah 1 skuadron (16 unit).Selain itu akan memudahkan pilot-pilot kita dalam berlatih karena sudah familiar dengan pesawat sukhoi.

Lalu bagaimana sih efek gentar sukhoi Su-35 bagi kawasan Asia pasifik dan Asean khususnya????
     Sukhoi Su-35 adalah jet tempur kelas berat multi peran generasi 4++ pengembangan dari sukhoi su-27sm.Jet tempur ini sudah ditanamkan teknologi yang sangat modern dan terkini seperti penggunaan radar Irbis-e(dapat mencium target pada jarak 400km),penggunaan TVC  pada mesin sehingga manuver dan kelincahan akan meningkat tajam.Sukhoi su-35 ini dapat melakukan manuver COBRA yang tidak bisa dilakukan oleh pesawt manapun.
   Pesawat ini juga dapat membawa banyak senjata dan daya jelajah yang tinggi.




     Keunggulan su-35 juga diakui oleh pilot negara-negara eropa dan amerika dan juga oleh pengamat pesawat tempur dunia.Bahkan menurut mereka hanya Sukhoi su-35 lah yang dapat mengimbangi F-35 lighting II.Bahkan sukhoi lebih unggul dibeberapa segi dari rivalnya f-35,seperti radius combat,kelincahan manuver,daya angkut senjata,kecepatan dll.Hanya fitur siluman saja yang masih kalah.Tapi pihak sukhoi juga sudah mengantisipasi itu tentunya,kekurangan fitur siluman itu bisa ditutup oleh bantuan pesawat radar (AEW/AWAC) berkemampuan anti pesawat siluman.
     tapi superflankers ini juga sulit diendus lawan karena sedikit fitur siluman yang ada pada dirinya.

Memang pemilihan superflankers untuk pengganti f-5 tiger adalah pilihan yang sangat tepat dan cerdas.Selain minim peluang embargo juga harganya yang cocok dikantong.Serta melihat perkembangan alutsista kawasan.


Kalo melihat perbandingan jet-jet tempur di Asean khususnya,hanya f-35 australia dan singapuralah yang menjadi lawan terberat superflankers kita.
Lalu bagaimana dengan Gripeen NG thailand???Gripen thailand saya kira bukan lawan tanding superflankers kita,gripen adalah medium fighter jelas sukhoi kita lebih unggul hambir disemua bidang.Sedangkan f-15 dan superhornet australia,singapura dan malaysia cukup dicover dengan sukhoi su-27/30 kita.
    Dan FA-50 filiphina bisa kita cover dengan f-16 block 52id.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar