Selasa, 07 April 2015

Pembentukan Armada Baru Di Sorong























PEMBENTUKAN ARMADA BARU KAWASAN TIMUR

      Saat ini HOME BASE TNI AL baru ada 2 armada yaitu KOARMABAR (komando armada kawasan barat) dan KOARMATIM (komando armada kawasan timur).

Koarmabar membawahi 4 pangkalan utama yaitu :
Lantamal I Medan
Lantamal II Padang
Lantamal III Jakarta
Dan lantamal IV Tanjungpinang serta Lantamal Natuna masih dalam perencanaan.
    Koarmabar diisi oleh sedikitnya 54 kapal perang republik indonesia(KRI) Dari berbagai kelas.

Koarmabar



Sedangkan KOARMATIM yang merupakan Home Base angkatan laut terbesar di Asean membawahi 7 pangkalan utama dan 2 gugus-gugus (guskamla dan guparla) diantaranya adalah:
-Lantamal Tarakan
-Lantamal makassar
-Lantamal Kupang
-Lantamal Ambon
-Lantamal Jayapura
-Lantamal Merauke
-Lantamal Sorong
-Lantamal Surabaya
-Dan Lantamal Biak
      Koarmatim diisi oleh sedikitnya 82 KRI dari berbagai kelas.


Koarmatim




Penambahan armada baru di Sorong
  

     Pembuatan armada baru di Sorong papua pada juli mendatang memng sudah dibicarakan sejak 2 tahun yang lalu.
Jika Armada baru ini jadi terwujud,maka nama Armada timur surabaya akan berubah menjadi Armada tengah,Sedangkan Armada baru di Sorong akan bernama Armada timur.Sedangkan Armabar jakarta tetap tidak berubah.

 Pemilihan kota Sorong sebagai HomeBase karena tempat ini dinilai sangat strategis.


peta provinsi papua barat


Tujuan penambahan armada baru ini salahsatunya adalah untuk meningkatkan kordinasi pengawalan wilayah timur serta untuk mendukung setelah peningkatan batalyon marinir dipapua menjadi satu Brigade.Selain itu juga untuk mendukung program Indonesia sebagai poros maritim dunia.Nantinya Armada sorong ini akan di isi oleh beberapa kapal dari armada barat dan tengah.
Kedatangan kapal-kapal baru seperti PKR SIGMA CLASS,Beberapa kapal selam dari korea dan kapal kapal buatan dalam negeri bisa mengisi armada ini.
       Rencana perubahan doktrin angkatan laut Indonesia yang ingin ditingkatkan menjadi GREENWATERNAAVY juga menjadi tolak ukur.


Untuk mengantisipasi marinir AS di darwin

     Beberapa alasan lain adalah untuk menegaskan kedaulatan indonesia khususnya Papua bagi kawasan yang ingin mengusik kedaulatan NKRI terutama bagi tetangga selatan.
    Apalagi baru-baru ini Amerika telah menempatkan sekitar 2500 Marinirnya di kota Darwin yang sangat dekat lokasinya dengan papua.
Penempatan marinir AS ini memang perlu dicurigai,apalagi statusnya yang sangat dekat dengan papua serta kedekatan Amerika dan Australia dengan OPM.

    Alasan Amerika menempatkan ribuan marinir di darwin adalah untuk membendung atau melindungi Asean dari keagresifan China,Tapi menurut pengamat militer atau orang awam seperki kita penempatan di darwin memang terlihat lucu.Kalau untuk mengcover china atas Asean mengapa memilih kota darwin yang secara geografis berada diselatan indonesia dan jauh dari asean ataupun china,Malah lebih dekat kepada Papua.

  Mungkin As dan Australia punya tujuan tersembunyi akan hal ini,apalagi melihat kedekatan AS dan Australia dengan OPM.Bahkan Australia secara terang-terangan mendukung papua merdeka.Serta perusahaan terbesar AS (freepot) yang semakin terusik kedudukanya menyusul penolakan freepot dari seluruh masyarakat Indonesia.

kedatangan marinir AS di Darwin


     Memang penempatan ribuan marinir As didarwin bisa mengancam keutuhan Papua,Apalagi gereja-gereja di As lah yang mendukung Organisasi papua merdeka(OPM) Serta kepentingan AS dipapua atas FREEPOT.

  Sudah tepat Untuk mengantisipasi pergerakan marinir AS didarwin adalah dengan peningkatan status batalyon marinir menjadi batalyon rider dan menjadi satu brigade serta pembuatan armada baru diSorong sebagai pendukung.Juga direncanakan untuk menempatkan lagi ribuan marinir Indonesia dipapua.

    
Ancaman keutuhan NKRI dari gangguan asing memang terbuka lebar akhir-akhir ini.Sudah menjadi kewajiban TNI untuk menjaga kedaulatan NKRI dari gangguan apapun walau harus bertaruh nyawa.
   Mempertahankan kemerdekaan lebih susah daripada merebutnya,Tapi inilah tugas sesungguhnya TNI serta dukungan seluruh rakyat Indonesia.JAYALAH INDONESIA...















Tidak ada komentar:

Posting Komentar